5 Cara Untuk Menambahkan Album Cover Art

5 Cara Untuk Menambahkan Album Cover Art


Cara Untuk Menambahkan Album Cover Art
Sebagai pecinta musik tentu kamu kamu ingin semua musik yang kamu mainkan memeliki meta data yang lengkap. Meta data musik biasanya meliputi nama artis, judul lagu, album, tahun. genre dan sebagainya. Jika data lengkap maka ketika musik dimainkan di media player akan tampak keren dan bagus. Tetapi sebagian besar musik yang ada di komputer kamu pasti Album Cover Art-nya hilang atau bahkan tidak ada.
Jika kamu ingin menambahkan atau mengedit Album Cover Art, kali ini aku akan memberikan caranya. Berikut ini aku akan memberikan 5 cara untuk menambahkan album cover art ke dalam musik yang kamu miliki. Ada yang manual dan ada pula yang otomatis.

MP3 CoverTag

Cara Untuk Menambahkan Album Cover Art
Kalau kamu tidak ingin mendownload album covert art satu persatu dan menambahkannya ke file musik, maka kamu bisa menggunakan MP3 CoverTag. Dengan menggunakan MP3 CoverTag, kamu akan mendapatkan album covert art secara otomatis dan cepat. Kamu hanya perlu memasukan lagu ke MP3 CoverTag dan klik Start Cover Search. Tunggu beberapa saat dan setelah itu setiap file musik yang kamu miliki sekarang mempunyai album cover art. Sayangnya, dari setiap proses tidak semua file musik mendapatkan album cover art.
Download MP3 CoverTag

CovArt Ops

Cara Untuk Menambahkan Album Cover Art
Ingin menambahkan album covert art dengan gambar sendiri? Kamu bisa menggunakan CovArt Ops. Software CovArt Ops memungkinkan kamu menambahkan cover pada file musik yang tidak memiliknya. Dengan CovArt Ops, kamu harus menambahkan sendiri album covert art pada setiap file lagu yang kamu miliki. Tidak seperti MP3 CoverTag yang memiliki fitur search online untuk menambahkan cover. Namun ini menjadi kelebihan tersendiri untuk CovArt Ops, karena kamu bisa memilih cover art sesuka hati. Selain itu kamu bisa langsung klik kanan pada gambar cover art untuk ditambahkan ke file musik. Sayangnya sering terjadi eror ketika CovArt Ops diakses melalui konteks menu Windows.
Download CovArt Ops

Cover Retriever

Cara Untuk Menambahkan Album Cover Art
Kamu sudah memiliki file musik yang tertata dengan rapi sesuai dengan album tapi tidak ada cover art-nya? Mungkin kamu bisa mencoba menggunakan Cover Retriever. Cover Retriever adalah aplikasi yang akan membantu kamu untuk menambahkan cover ke dalam file lagu yang kamu miliki. Cover Retriever bisa menambahkan cover art berdasarkan satu folder album atau setiap file musik yang kamu miliki. Tenang kamu tidak perlu menambahkan cover secara manual, Cover Retriever dilengkapi dengan pencarian otomatis menggunakan Google engine. Kamu bisa menyimpan album art di satu folder album musik atau menggabungkannya bersama dengan file musik.
Download Cover Retriever

The Crab

Cara Untuk Menambahkan Album Cover Art
Jika semua software diatas memfokuskan diri untuk menambahkan album cover art saja, berbeda dengan software The Crab. Software The Crab adalah cara termudah untuk mengatur dan mengorganisir file musik yang kamu miliki. Jadi selain menambahkan album cover art, The Crab juga bisa menambahkan informasi meta data yang dibutuhkan file musik. Semua bisa dilakukan dengan metode semi-otomatis, jadi kamu tidak perlu repot-repot menambahkan informasi meta data satu persatu pada setiap file musik. The Crab akan melakukan secara otomatis jika kamu mau, tetapi cara yang paling ampuh adalah manual. Selain itu The Crab dilengkapi pencarian online untuk mendapatkan meta data dari file musik yang kamu miliki.
Download The Crab

Creevity Mp3 Cover Downloader

Cara Untuk Menambahkan Album Cover Art
Terakhir ada Creevity Mp3 Cover Downloader, dengan software ini kamu bisa menambahkan album art pada file musik yang kamu miliki. Kamu hanya perlu membuka folder dimana file musik tersimpan. Setelah itu Creevity Mp3 Cover Downloader akan mencari album art secara online, sembari kamu mendengar file musik yang kamu buka tadi. Jika pencarian sudah selesai kamu tinggal memilih gambar album art dan klik Add. Jika gambar album art tidak muncul, kamu bisa mencari secara manual dengan mengklik menu Load other cover. Terakhir kamu tinggal klik Apply jika sudah menambahkan album art.
Download Creevity Mp3 Cover Downloader

MP3dit untuk Android [Bonus]

Cara Untuk Menambahkan Album Cover Art
Jika semua cara diatas harus digunakan di desktop, pada tips bonus dari aku ini menyediakan cara yang berbeda. Bagi kamu pengguna smartphone terutama Android, kamu bisa mengubah album cover art menggunakan MP3DIT. Dengan menggunakan MP3DIT di Android kamu tidak hanya bisa menambahkan cover art, tetapi kamu juga bisa menambahkan meta data file musik lainnya.


Itulah 5 cara untuk menambah atau mengedit album art atau cover dari file musik yang kamu miliki, ada yang punya cara lain mungkin?

0 Response to "5 Cara Untuk Menambahkan Album Cover Art"

Posting Komentar

powered by Blogger | WordPress by Newwpthemes | Converted by BloggerTheme